Tanpa Beli Pemain Baru, Arsenal Tak Akan Tembus Eropa Lagi

Pelatih Arsenal, Mikel Arteta akhirnya blak-blakan berbicara tentang harapannya pada manajemen klub. Menurut pelatih asal Spanyol ini, The Gunners tidak akan bisa bersaing dalam perburuan gelar juara jika tidak merekrut pemain baru di bursa transfer.

Beberapa musim terakhir ini memang menjadi periode yang sulit bagi Arsenal. Klub London utara tersebut bahkan tak mampu menembus Liga Champions Eropa dalam tiga musim terakhir secara beruntun. Hal ini tak terlepas dari inkonsistensi performa para pemain.

Dibandingkan dengan tim-tim raksasa Premier League yang lain, bisa dikatakan Arsenal adalah yang paling minim prestasi. Tak hanya itu, sebuah fakta yang tak dapat dipungkiri bahwa Meriam London tidak banyak melakukan pembelian bagus dalam tiga musim terakhir.

Awalnya, Pelatih Mikel Arteta diam mengenai fakta tersebut, tapi tampaknya pria asal Spanyol kini merasa bahwa memang sudah tidak ada jalan lain selain merekrut pemain anyar berkualitas. Jika tidak demikian, akan sulit bagi Arsenal bersaing dalam perburuan gelar juara.

“Kita sudah melihat banyak contoh bahwa ada beberapa tim yang berani melakukan pembelian besar dan akhirnya mereka kembali menjadi penantang gelar,” ujar Arteta yang dikutip Sportsmole.

Memang, tanpa mendatangkan pemain top, Arsenal masih bisa bersaing memperebutkan tiket ke Liga Champions, tapi tim-tim lain terus berinvestasi dengan membeli pemain-pemain bagus. Jika Arsenal diam saja, perlahan peluang untuk tampil di Eropa akan pupus.

“Jika klub anda tidak bermain di Liga Champions, anda akan mengatakan ‘Ok, klub tidak berinvestasi karena klub tidak punya kemampuan finansial untuk itu’. Namun perlu diingat klub lain terus berinvestasi sehingga jarak antar tim akan semakin melebar.” Tandasnya.

Karena alasan ini, Mikel Arteta pun berharap manajemen klub berani mengambil resiko mengeluarkan kas klub sedikit lebih banyak demi merekrut pemain top.

“Pada suatu saat klub harus membuat keputusan, apakah mereka ingin memangkas jarak dengan tim lainnya atau hanya berdiam diri dan membiarkan segalanya seperti ini saja.” ujarnya.

Sebenarnya, kondisi finansial Arsenal sendiri saat ini sedang terdampak pandemi Virus Corona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *